Senin, 17 Desember 2012

HURLOCK


 



Menurut Hurlock
Ada beberapa tahapan perkembangan menurut Hurlock :
1.      Prenatal (sebelum lahir) atau pralahir à dimulai konsepsi sampai umur 9 bulan dalam kandungan ibu.
2.      Masa natal, terdiri atas :
a)      Infacy atau neonatus (dari lahir sampai 14 hari) à fase penyesuaian terhadap lingkungan dan tidak banyak terjadi perubahan.
b)       Masa bayi (antara 2 minggu sampai 2 tahun) à masa yang dimulai pada masa anak sangat bergantung pada lingkungan kemudian dengan bertambahnya usia anak mulai berusaha menjadi lebih independen.
c)      Masa anak (2 – 10/11 tahun) à masa berusaha untuk menyesuaikan terhadap lingkungan dan merasa bahwa dia adalah bagian dari lingkungan tersebut.
3.      Masa Remaja (11/12 – 20/21 tahun) à masa peralihan atau masa transisi.dari anak menuju dewasa. Masa remaja terbagi lagi dalam berikut ini :
a)      Praremaja (11/12 – 13/14) à disebut juga sebagai fase negatif yang berlangsung tidak lama kurang lebih satu tahun. Tingkah lakunya cenderung negatif.
b)       Remaja awal (13/14 – 17) à perubahan secara fisik mengalami perkembangan yang pesat hingga mencapai puncak perkembangan. Ketidakstabilan emosional menjadi salah satu ciri pada fase ini.
c)       Remaja lanjut (17 – 20/21) à masa untuk memantapkan identitas diri dan ingin mencapai ketidaktergantungan emosional.
4.      Dewasa, terbagi atas beberapa tahapan sebagai berikut :
1) Dewasa awal (21–40 tahun) à masa penyesuaian terhadap pola-pola hidup baru, dan harapan mengembangkan sifat-sifat serta nilai-nilai yang serbabaru.
2) Dewasa menengah (40–60 tahun) à masa transisi, masa menyesuaikan kembali, masa equilibrium-disequilibrium.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar