Selasa, 08 Januari 2013

PERBEDAAN DAN PERSAMAAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AUD



1.      JOHAN PESTALOZZI
Pestalozzi lahir pada 1746. Ia wafat pada 1827.pestalozzi sangat menekankan bahwa pendidikan perlu memerhatikan kematangan anak.
Persamaan menurut pengarang Dr.anita yus(2011:4) dan GhiyatS alfiani press(1999). Menurut Pestalozzi model pembelajaran pada anak usia dini:
·         Menekankan pada pengamatan alam.alam sebagai sumber utama pengetahuan
·         Menumbuhkan keaktifan jiwa raga anak
·         Pembelajaran dilakukan secara teratur dan bertahap

Konsep dasar yang dipakai oleh johan Pestalozzi adalah :
·         Suara
·         Bentuk
·         Bilangan
Seorang guru dapat mengembangkan aspek sosial sehingga anak dapat beradaptasi dengan lingkungan sosialnya dan mampu menjadi anggota masyarakat yang berguna.
2.      FRIENDERICH WILHEM FROBEL
Frobel lahir 1782 di Oberweiszbach (jerman). Ia berkarya sampai 1852. Frobel merupakan salah seorang tokoh pendidikan anak yang memberikan pengaruh dalam pemikiran baru (modern) dalam pengembangan anak usia dini, khususnya TK.
Pada tahun 1840, untuk merealisasikan cita-citanya Frobel meresmikan sebuah lembaga pendidikan yang diberi nama (kindergarten). Banyak tantangan yang membuat Frobel tidak patah semangat, sehingga ia berniat untuk mengembangkan cita-citanya di Amerika. Sebelum cita-cita tersebut ia meninggal dunia pada tahun 1852.
Persamaan menurut pengarang Dr.anita yus(2011) dan GhiyatS alfiani press(1999). Menurut frobel memiliki prinsip bahwa pendidikan anak sebagai:
·         Pengembangan autoaktivitas
·         Kebebasan atau suasana merdeka
·         Pengamatan dan peragaan

Sebagai seorang guru,Anak perlu diberi kesempatan untuk melakukan pengamatan terhadap berbagai kondisi lingkungan alam disekitarnya.pada lingkungan alam yang jauh atau sulit untuk diamati maka dapat dilakukan dengan menggunakan prinsip peragaan.


3.      MARIA MONTESSORI
Montessori merupakan seorang tokoh yang banyak memberikan sumbangan model pembelajaran bagi anak usia dini. Ia lahir di Roma (Italia) pada tahun 1870. Model pendidikan yang pertama kali di kembangkan ditujukan untuk anak-anak yang abnormal (terutama anak yang lemah mental/ pikirannya) dan anak normal.
Montessori mempunyai anggapan bahwa pada dasarnya pendidikan itu hanyalah pertolongan(bantuan) pada saat anak berada dalam perkembanngan.
Beberapa pandangan pokok Montessori;
·         Pendidikan sendiri(pedosentris)
·         Masa peka
·         Anak memperoleh kebebasan untuk berkembang
4.      JOHN DEWEY
John dewey beraliran progresivisme yang hidup pada 1859-1952. John dewey mengemukakan bahwa minat anak menjadi hal penting dalam pembelajaran. Minat ini menjadi acuan dalam menentukan topic pembahasan dalam pembelajaran.
Model pembelajaran john dewey adalah pembelajaran dikelas melibatkan kegiatan fisik,penggunaan benda-benda sebagai alat yang dapat dimanipulasi anak secara konkret sehingga dapat mengembangkan kemampuan intelektual. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar