1. JOHAN
PESTALOZZI
Pestalozzi lahir pada
1746. Ia wafat pada 1827.pestalozzi sangat menekankan bahwa pendidikan perlu
memerhatikan kematangan anak.
Persamaan menurut
pengarang Dr.anita yus(2011:4) dan GhiyatS alfiani press(1999). Menurut
Pestalozzi model pembelajaran pada anak usia dini:
·
Menekankan
pada pengamatan alam.alam sebagai sumber utama pengetahuan
·
Menumbuhkan
keaktifan jiwa raga anak
·
Pembelajaran
dilakukan secara teratur dan bertahap
Konsep dasar yang dipakai oleh johan Pestalozzi adalah
:
·
Suara
·
Bentuk
·
Bilangan
Seorang guru dapat mengembangkan aspek sosial sehingga
anak dapat beradaptasi dengan lingkungan sosialnya dan mampu menjadi anggota
masyarakat yang berguna.
2. FRIENDERICH
WILHEM FROBEL
Frobel lahir 1782 di
Oberweiszbach (jerman). Ia berkarya sampai 1852. Frobel merupakan salah seorang
tokoh pendidikan anak yang memberikan pengaruh dalam pemikiran baru (modern)
dalam pengembangan anak usia dini, khususnya TK.
Pada tahun 1840, untuk
merealisasikan cita-citanya Frobel meresmikan sebuah lembaga pendidikan yang
diberi nama (kindergarten). Banyak tantangan yang membuat Frobel tidak patah
semangat, sehingga ia berniat untuk mengembangkan cita-citanya di Amerika.
Sebelum cita-cita tersebut ia meninggal dunia pada tahun 1852.
Persamaan menurut
pengarang Dr.anita yus(2011) dan GhiyatS alfiani press(1999). Menurut frobel
memiliki prinsip bahwa pendidikan anak sebagai:
·
Pengembangan
autoaktivitas
·
Kebebasan
atau suasana merdeka
·
Pengamatan
dan peragaan
Sebagai
seorang guru,Anak perlu diberi kesempatan untuk melakukan pengamatan terhadap
berbagai kondisi lingkungan alam disekitarnya.pada lingkungan alam yang jauh
atau sulit untuk diamati maka dapat dilakukan dengan menggunakan prinsip
peragaan.
3. MARIA
MONTESSORI
Montessori merupakan
seorang tokoh yang banyak memberikan sumbangan model pembelajaran bagi anak
usia dini. Ia lahir di Roma (Italia) pada tahun 1870. Model pendidikan yang
pertama kali di kembangkan ditujukan untuk anak-anak yang abnormal (terutama
anak yang lemah mental/ pikirannya) dan anak normal.
Montessori mempunyai
anggapan bahwa pada dasarnya pendidikan itu hanyalah pertolongan(bantuan) pada
saat anak berada dalam perkembanngan.
Beberapa pandangan
pokok Montessori;
·
Pendidikan
sendiri(pedosentris)
·
Masa
peka
·
Anak
memperoleh kebebasan untuk berkembang
4. JOHN
DEWEY
John dewey beraliran
progresivisme yang hidup pada 1859-1952. John dewey mengemukakan bahwa minat
anak menjadi hal penting dalam pembelajaran. Minat ini menjadi acuan dalam
menentukan topic pembahasan dalam pembelajaran.
Model pembelajaran john
dewey adalah pembelajaran dikelas melibatkan kegiatan fisik,penggunaan
benda-benda sebagai alat yang dapat dimanipulasi anak secara konkret sehingga
dapat mengembangkan kemampuan intelektual.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar